Ulasan 2 - DAS NAS SAN

Video ini diambil dari YouTube dengan link https://youtu.be/CczKEbElR9U dengan judul "Cloud Storage Types" yang diupload oleh Rackspace. Video ini berdurasi 6 menit 40 detik, dan diupload pada tanggal 10 Februari 2014 dengan jumlah ditonton lebih dari 13.000 kali.

Video ini membahas tentang perbedaan dari Direct Attached Storage (DAS), Network Attached Storage (NAS), dan Storage Area Network (SAN). DAS yaitu storage yang tercolok langsung ke server secara fisikal. SAN terdapat semacam storage solution yang disentralisasi yang diintegrasikan dengan pengguna lain agar mudah diakses. NAS serupa seperti SAN tapi lebih terbatas seperti ada QoS.

Menurut saya videonya cukup dapat menjelaskan keuntungan, biaya, dan hal-hal lain terkait performa dari tiap storage, dan dibahas secara singkat dan interaktif. Diberikan juga contoh storage apa yang dipilih untuk keperluan berbeda bergantung dari penggunanya. Tetapi video hanya menjelaskan mengenai keperluan yang cocok dari setiap storage, tanpa menjelaskan dasar apa yang menyebabkan storage memiliki kemampuan berbeda. Sehingga video ini cocok untuk orang yang hanya ingin mengetahui perbedaannya secara singkat saja.

Github Account : angguak
URL Ulasan: http://indra-os.blogspot.com/2017/05/ulasan-2-das-nas-san.html
URL Video : https://youtu.be/CczKEbElR9U
Pemetaan : week09
Revisi Pertama : 22 Mei 2017
Revisi Terakhir : 23 Mei 2017

Komentar