Ulasan 1 - Algoritma RSA Numerik

Video ini diambil dari YouTube dengan link https://youtu.be/edEDkyV8oFs dengan judul "Public Key Cryptography - RSA Encryption Algorithm | El Mahdi El Mhamdi" yang diupload oleh Wandida.com. Video ini berdurasi 6 menit 36 detik, dan diupload pada tanggal 11 Maret 2014 dengan jumlah ditonton lebih dari 1.100 kali.

Video ini membahas tentang bagaimana algoritma dari enkripsi RSA. Bagaimana bilangan prima digunakan untuk mengenerate private key dan public key untuk penggunanya. Dijelaskan juga seberapa mudah untuk encode, dan sulitnya untuk decode. Seperti 11 x 23 = 253 dapat dihitung dengan mudah, tetapi untuk mencari tahu bahwa 253 dibentuk dari 11 x 23 lebih sulit. Kesulitan bertambah secara eksponensial semakin besar angkanya.

Menurut saya, video ini sangat menarik karena dapat memberikan pendekatan algoritma secara numerikal ditambah animasi orang yang memegang public key dan private keynya, kelebihan dan kekurangan dari enkripsi RSA juga dijelaskan dengan baik. Hal yang kurang dalam video ini yaitu ilustrasi yang diberikan hampir semuanya numerikal, padahal banyak case-case lain yang bisa merepresentasikan RSA secara visual.

Github Account : angguak
URL Ulasan: http://indra-os.blogspot.com/2017/05/ulasan-1-algoritma-rsa-dengan.html
URL Video : https://youtu.be/edEDkyV8oFs
Pemetaan : week02
Revisi Pertama : 21 Mei 2017
Revisi Terakhir : 23Mei 2017

Komentar